4 Manfaat Buah Duku Bagi Kesehatan

 On Minggu, 28 Oktober 2012  

Manfaat Buah Duku - Buah duku adalah buah yang familiar bagi masyarakat kita. Buah duku ini memiliki nama latin Lansium Domesticum Corr. Buah ini merupakan tanaman asli dari Asia Tenggara, terutama dari Thailand bagian barat hingga Kalimantan Timur. Namun dengan perkembangan perdagangan dan mobilisasi manusia, buah duku sudah dikenal luas dan tersebut di seluruh Asia. Rasanya memang khas dan cocok digunakan untuk buah meja. Bentuknya yang kecil dengan warna kulit coklat dapat mempercantik meja makan anda. Namun selain itu, ternyata manfaat buah duku sangat banyak bagi kesehatan kita.

Buah duku mentah berwarna hijau, bergetah dan citarasanya sangat asam. Seiring matangnya buah, kulit akan berubah kekuningan dan daging buah akan berasa manis. Sebagian besar buah duku hanya dimakan segar sebagai buah meja. Padahal kalau kita mau sedikit berkreasi, duku dapat dijadikan beragam sajian lezat dan nikmat, seperti untuk isi puding, campuran fruits cocktail atau sebagai bahan baku selai.
Buah Duku
Buah Duku

Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan

Sudah disinggung diatas, bahwa ternyata manfaat buah ini banyak sekali. Buah duku juga dapat diolah menjadi berbagai macam masakan dan cemilan. Selain itu, buah duku juga dapat mengobati penyakit tertentu. Beberapa manfaat buah duku unutk kesehatan manusia adalah diantaranya:
  • Buah duku memiliki kandungan fosfor yang dapat membantu menguatkan tulang dan gigi
  • Buah duku dapat diolah sedemikian rupa menjadi obat cacingan, menurunkan demam panas dan mengurangi diare. Caranya adalah dengan menumbuk biji duku yang telah dikeringkan lalu dicampur dengan air dan diminum.
  • Kulit buah duku dapat digunakan sebagai obat nyamuk. Membakar kulit buah duku dapat menimbulkan aroma yang khas, dimana aroma khas ini sangat ampuh mengusir nyamuk.
  • Kulit kayu pohon duku seringkali dimanfaatkan sebagai obat untuk menyembuhkan malaria dan disentri.
  • Kulit kayu pohon duku yang telah menjadi bubuk dapat mengobati gigitan kalajengking.
Selain berguna dalam hal kesehatan, pohon buah duku juga dapat dimanfaatkan kayu batangnya yang besar, padat dan awet itu untuk dijadikan papan dalam pembuatan rumah-rumah di pedesaan. Oke cukup sampai disini artikel tentang  manfaat buah duku
4 Manfaat Buah Duku Bagi Kesehatan 4.5 5 Unknown Minggu, 28 Oktober 2012 Manfaat Buah Duku - Buah duku adalah buah yang familiar bagi masyarakat kita. Buah duku ini memiliki nama latin Lansium Domesticum Corr. Bu...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar