Kontrol Asma anda ?

 On Rabu, 19 Oktober 2011  

Kontrol Asma anda ? - Sesak nafas dialami oleh seseorang yang mengidap asma ketika penyakitnya itu kambuh. Mereka mengalami kesulitan bernafas. Ketika asma itu menyerang, penderita harus berusaha mengatasi serangannya itu, yang ditandai dengan tersumbatnya saluran nafas, yang mengakibatkan penderita sulit bernafas. Tak sedikit keluarga yang panik dan bingung menghadapi serangan asma. Tak jarang ruang ICU di rumah sakit jadi pilihan terakhir bagi penderita asma, dan bermalam di sana, agar asma yang kambuh itu dapat segera diatasi dan mereda, hingga akhirnya mereka bisa bernafas dengan normal kembali.

info kesehatan kita
Asma adalah penyakit yang banyak diderita oleh sebagian besar masyarakat, terutama adalah anak-anak. Penyakit sangat berkaitan erat dengan faktor keturunan. Bila salah satu atau kedua orangtua, maupun kakek atau nenek menderita asma, maka sang anak pun kemungkinan akan menderita asma. Tetapi banyak juga terjadi ketika kedua orang tua tidak menderita asma, tetapi anaknya asma. Selain disebabkan faktor keturunan, faktor lain pun dapat memicu timbulnya asma, seperti faktor alergi yang dimiliki oleh seseorang dan juga faktor lingkungan. Penyakit ini termasuk penyakit peradangan pada saluran nafas yang kronik. Lebih jelasnya baca juga info penyakit Asma. Biasanya seseorang yang berpenyakit asma akan mengeluhkan sesak nafas, nafas berbunyi "ngik-ngik", batuk, dan rasa tidak enak di dada. Serangan ini biasanya sering terjadi pada malam hari atau menjelang subuh/pagi hari.Dalam tubuh, pipa saluran nafas jika masuk ke dalam paru-paru akan bercabang-cabang menjadi ribuan pipa-pipa atau saluran nafas yang sangat kecil.

Pada penderita asma saluran inilah yang mengalami penyempitan. Penyempitan bisa disebabkan oleh mengerutnya otot-otot yang melingkari saluran nafas, membengkak dan meradangnya jaringan sekitar selaput lendir saluran nafas tersebut, dan meningkatnya produksi lendir atau dahak, sehingga mengganggu ke saluran nafas. Akibatnya, aliran udara yang masuk maupun yang keluar dari paru-paru terhambat dan terganggu. Di sinilah mulai terasa sesak nafas dan serangan asma mulai terjadi.

Serangan asma yang terjadi seringkali mengganggu aktivitas penderitanya dalam kehidupan sehari-hari, juga membuat panik keluarga. Sebenarnya penyakit asma ini bukanlah penyakit yang menakutkan. Penyakit asma dapat dikendalikan, kambuhannya dapat dicegah agar tidak sering timbul dan dapat diatasi dengan cara mengkontrol asma. Untuk mengetahui bagaimana strategi mengontrol Asma silahkan baca artikel saya di Tips Mengontrol Asma.
Kontrol Asma anda ? 4.5 5 Unknown Rabu, 19 Oktober 2011 Kontrol Asma anda ? - Sesak nafas dialami oleh seseorang yang mengidap asma ketika penyakitnya itu kambuh. Mereka mengalami kesulitan berna...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar